Mahzab Baru

 Hotel keren memang menjamur dimana-mana.


Hotel arsitektur yang bagus udah dicari orang diseluruh kota. Kalau dicari, hotelnya pasti lebih mahal dari hotel disekitarnya, dan bahkan mengalahkan hotel-hotel brand disekitarnya.


Tidak hanya demand yang tinggi, vendor hotel pun juga sudah aware terhadap demand tersebut, maka pengusaha hotel pun berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan membangun memenuhi kebutuhan hotel yang creative dan arsitektur.


Namun, hotel yang terlalu keren dan banyak event, malah jadi malapetaka bagi hotel tersebut. Market yang masuk kadang tidak bisa mendapatkan profit. Karena hotel itu dianggap seperti museum yang harus dikunjungi tanpa spending apapun.

Hotel - hotel yang setengah keren masih bisa mendatangkan profit, karena tidak perlu spending terlalu banyak karyawan untuk melayani tamu yang tidak spending.


Lalu idenya bagaimana agar bisa keluar dari trap tersebut?

Saya sebagai CFO perusahaan hotel terkemuka di Bali, mempunyai stragey sebagai berikut yang bisa dicontek pengusaha hotel creative lainya.

Oiya, sebelum kesana, perlu saya berikan penekanan kata-kata seperti creative, arsitektur, boutique, event,dll itu adalah sebuah nama hotel yang ingin keluar dari konsep hotel sebuah brand besar.

Namun pada hakekatnya mirip. 


jadi solusi tersebut adalah :

 1. Fokus garap market yang spending alias tidak miskin. Siapa mereka? Pertama adalah family, kedua adalah couple / honey moon. dan yang ketiga adalah pebisnis.

#

3 market inilah yang saya harus target, bukan seperti gen z yang hanya ramai namun tidak spending apapun.


2. Fokus garap event yang juga mendatangkan spending. Siapa itu ? wedding, birthday, dan private event lainnya

#

market ini memang terlihat sedikit, tapi kalau dicari secara serius, saya yakin impactnya akan jauh sangat besar bagi sebuah perusahaan.


3. Baru garap gimick event yang mendatangkan keramaian. Event ini memang memakan banyak biaya, sdm dan juga source seperti sponsor dan kalangan orang creative. Tapi, event ini hanya sebuah pancingan agar market 1 dan 2 bisa masuk dengan mudah.

#

Dengan binaan seperti ini saya merasa Hotel dan event bisa berkembang secara selaras dan harmoni, Menghasilkan income yang syahdu untuk perusahaan dan pekerjanya.

Membuat masyarakat yang datang senang, karena keren, membuat genz (tamu-tamu gimick) juga senang, karena hotelnya ramah untuk mereka.



Semoga 2025 ini saya sedikit bisa mengeksekusi ke arah sana, dengan tantangan 2025 yang tidak mudah. 


Kuala Lumpur 4 Jan 2025 (LYF hotel)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.